Prinsip Dalam Penyusunan Tes Psikologi
Tes, Instrumen Kognitif pada Pengembangan ALat Ukur
prinsip-prinsip penyusunan tiap jenis tes dibahas secara rinci, karena bukan hanya untuk dipahami tetapi juga
untuk dapat diaplikasikan. Pengembangan instrumen kognitif mencakup tes objektif, tes nonobjektif, tes
unjukkerja, dan portofolio. Tes lisan di kelas Pertanyaan lisan dapat digunakan untuk mengetahui taraf serap
peserta didik untuk masalah yang berkaitan dengan kognitif. Pertanyaan yang diajukan di kelas harus jelas.
Semua peserta didik harus diberi kesempatan yang sama. Prinsip ... penyusunan tiap jenis tes dibahas
secara rinci, karena bukan hanya untuk dipahami tetapi juga untuk dapat diaplikasikan. Pengembangan
instrumen kognitif mencakup tes objektif, tes nonobjektif, tes unjukkerja, dan portofolio. Tes lisan di kelas
Pertanyaan lisan dapat digunakan untuk mengetahui taraf serap peserta didik untuk masalah yang berkaitan
dengan kognitif. Pertanyaan yang diajukan di kelas harus jelas. Semua peserta didik harus diberi kesempatan
yang sama. Prinsip yang perlu dip ... tes. Tes dapat berbentuk lisan , tes tulis, dan tes perbuatan. Dalam
pendidikan yang menggunakan kurikulum berbasis kompetensi, maka kompetensi siswa yang diharapkan
berupa kemampuan atau kompetensi yang bersifat kognitif, afektif, maupun psikomotor. Oleh karena itu
pengembangan alat ukur yang dibahas mencakup tiga aspek tersebut. Penjelasan dan prinsip-prinsip
penyusunan tiap jenis tes dibahas secara rinci, karena bukan hanya untuk dipahami tetapi juga untuk dapat
diaplikasikan. Pengembanga ...
Setelah memahami prosedur penilaian, kemudian akan dibahas bagaimana mengembangkan alat
ukur.Penilaian pendidikan pada umumnya menggunakan tes. Tes dapat berbentuk lisan , tes tulis, dan tes
perbuatan. Dalam pendidikan yang menggunakan kurikulum berbasis kompetensi, maka kompetensi siswa yang
diharapkan berupa kemampuan atau kompetensi yang bersifat kognitif, afektif, maupun psikomotor. Oleh karena
itu pengembangan alat ukur yang dibahas mencakup tiga aspek tersebut. Penjelasan dan prinsip-prinsip
penyusunan tiap jenis tes dibahas secara rinci, karena bukan hanya untuk dipahami tetapi juga untuk dapat
diaplikasikan.Pengembangan instrumen kognitif mencakup tes objektif, tes nonobjektif, tes unjukkerja, dan
portofolio.Tes lisan di kelasPertanyaan lisan dapat digunakan untuk mengetahui taraf serap peserta didik untuk
masalah yang berkaitan dengan kognitif. Pertanyaan yang diajukan di kelas harus jelas. Semua peserta didik
harus diberi kesempatan yang sama. Prinsip yang perlu diperhatikan dalam memberikan pertanyaan lisan di
kelas adalah mengajukan pertanyaan, memberikan waktu untuk berpikir, menunjuk peserta didik untuk
menjawab pertanyaan. Benar atau salah, jawaban peserta didik tersebut ditawarkan lagi kepada kelas. Tingkat
berpikir yang ditanyakan lisan di kelas cenderung rendah seperti pengetahuan dan pemahaman.Tes objektif
Pilihan gandaPedoman utama dalam pembuatan soal bentuk pilihan ganda adalahpokok soal harus jelaspilihan
jawaban homogen dalam arti isipanjang kalimat pilihan jawaban relatif sama tidak ada petunjuk jawaban
benarmenghindari ...