Thursday, September 17, 2020

Unknown

Prinsip Dalam Penyusunan Tes Psikologi

Prinsip Dalam Penyusunan Tes Psikologi 


Tes, Instrumen Kognitif pada Pengembangan ALat Ukur 
prinsip-prinsip penyusunan tiap jenis tes dibahas secara rinci, karena bukan hanya untuk dipahami tetapi juga 
untuk dapat diaplikasikan. Pengembangan instrumen kognitif mencakup tes objektif, tes nonobjektif, tes 
unjukkerja, dan portofolio. Tes lisan di kelas Pertanyaan lisan dapat digunakan untuk mengetahui taraf serap 
peserta didik untuk masalah yang berkaitan dengan kognitif. Pertanyaan yang diajukan di kelas harus jelas. 
Semua peserta didik harus diberi kesempatan yang sama. Prinsip ... penyusunan tiap jenis tes dibahas 
secara rinci, karena bukan hanya untuk dipahami tetapi juga untuk dapat diaplikasikan. Pengembangan 
instrumen kognitif mencakup tes objektif, tes nonobjektif, tes unjukkerja, dan portofolio. Tes lisan di kelas 
Pertanyaan lisan dapat digunakan untuk mengetahui taraf serap peserta didik untuk masalah yang berkaitan 
dengan kognitif. Pertanyaan yang diajukan di kelas harus jelas. Semua peserta didik harus diberi kesempatan 
yang sama. Prinsip yang perlu dip ... tes. Tes dapat berbentuk lisan , tes tulis, dan tes perbuatan. Dalam 
pendidikan yang menggunakan kurikulum berbasis kompetensi, maka kompetensi siswa yang diharapkan 
berupa kemampuan atau kompetensi yang bersifat kognitif, afektif, maupun psikomotor. Oleh karena itu 
pengembangan alat ukur yang dibahas mencakup tiga aspek tersebut. Penjelasan dan prinsip-prinsip 
penyusunan tiap jenis tes dibahas secara rinci, karena bukan hanya untuk dipahami tetapi juga untuk dapat 
diaplikasikan. Pengembanga ... 
Setelah memahami prosedur penilaian, kemudian akan dibahas bagaimana mengembangkan alat 
ukur.Penilaian pendidikan pada umumnya menggunakan tes. Tes dapat berbentuk lisan , tes tulis, dan tes 
perbuatan. Dalam pendidikan yang menggunakan kurikulum berbasis kompetensi, maka kompetensi siswa yang 
diharapkan berupa kemampuan atau kompetensi yang bersifat kognitif, afektif, maupun psikomotor. Oleh karena 
itu pengembangan alat ukur yang dibahas mencakup tiga aspek tersebut. Penjelasan dan prinsip-prinsip 
penyusunan tiap jenis tes dibahas secara rinci, karena bukan hanya untuk dipahami tetapi juga untuk dapat 
diaplikasikan.Pengembangan instrumen kognitif mencakup tes objektif, tes nonobjektif, tes unjukkerja, dan 
portofolio.Tes lisan di kelasPertanyaan lisan dapat digunakan untuk mengetahui taraf serap peserta didik untuk 
masalah yang berkaitan dengan kognitif. Pertanyaan yang diajukan di kelas harus jelas. Semua peserta didik 
harus diberi kesempatan yang sama. Prinsip yang perlu diperhatikan dalam memberikan pertanyaan lisan di 
kelas adalah mengajukan pertanyaan, memberikan waktu untuk berpikir, menunjuk peserta didik untuk 
menjawab pertanyaan. Benar atau salah, jawaban peserta didik tersebut ditawarkan lagi kepada kelas. Tingkat 
berpikir yang ditanyakan lisan di kelas cenderung rendah seperti pengetahuan dan pemahaman.Tes objektif 
Pilihan gandaPedoman utama dalam pembuatan soal bentuk pilihan ganda adalahpokok soal harus jelaspilihan 
jawaban homogen dalam arti isipanjang kalimat pilihan jawaban relatif sama tidak ada petunjuk jawaban 
benarmenghindari ... 



Unknown

About Unknown

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :